Selasa, 14 Februari 2012

Segmentasi Pasar & Targeting

Segmentasi Pasar

Menurut Hermawan Kertajaya, segmentasi pasar adalah "sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif." Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar. Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran, dan berikut beberapa manfaat dengan dilakukannya segmentasi pasar :

1. Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2. Dapat membuat produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.

Sekalipun tindakan segmentasi memiliki sederetan keuntungan dan manfaat, namun juga mengandung beberapa sejumlah resiko yang sekaligus merupakan kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:

1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.

Dalam segmentasi pasar, ada beberapa variabel yang dipandang memiliki peranan vital dalam pelaksanaan segmentasi pasar, dan sebab itu variabel tersebut perlu dipelajari. Menurut Philip Kotler, jenis variabel segmentasi pasar tersebut terdiri dari :

1.Segmentasi Geografi
Segmentasi ini membagi pasar menjadi unit-unit geografi yang berbeda, seperti negara, propinsi, kabupaten, kota, wilayah, daerah atau kawasan.
2. Segmentasi Demografi
Segmentasi ini membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel seperti jenis kelamin, status perkawinan, jumlah keluarga, umur anak, pendapatan, jabatan, lokasi geografi, pendidikan, agama, ras atau kebangsaan.

3. Segmentasi Psikografi
Segmentasi ini membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial, gaya hidup, atau kepribadian.
4. Segmentasi Tingkah Laku
Segmentasi ini mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahun, sikap, penggunaan, atau reaksi mereka terhadap suatu produk.

Menurut Kotler, Bowen dan Makens, agar segmentasi pasar atau pengelompokkan pasar dapat berjalan dengan efektif maka harus memenuhi syarat-syarat pengelompokkan pasar sebagai berikut :

1. Measurability, yaitu ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.
2. Accessibility, yaitu suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan) usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
3. Substantiability, yaitu segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.

Targeting (Sasaran Pemasar
)

Setelah perusahaan mengidentifikasi segmentasi pasar, selanjutnya adalah mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target /sasaran.

Targeting adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar. Targeting atau menetapkan target pasar merupakan tahap selanjutnya dari analisis segmentasi. Produk dari targeting adalah target market (pasar sasaran), yaitu satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan pemasaran. Kadang-kadang targeting juga disebut selecting karena pemasar harus menyeleksi. Menyeleksi di sini berarti pemasar harus memiliki keberanian untuk memfokuskan kegiatan pada beberapa bagian saja (segmen) dan meninggalkan bagian lainnya.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan sasaran pemasaran, antara lain:

1. Concentration, yaitu perusahaan hanya melayani satu segmen pasar tertentu, sehingga pembuatan produk dan strategi marketing yang dirancang dikhususkan hanya untuk melayani pasar tersebut.
2. Differentiation, yaitu perusahaan melayani dua atau lebih segmen pasar dan merancang program pemasaran yang berbeda untuk setiap segmen yang berbeda pula.
3. Undifferentiation, yaitu strategi yang ditetapkan dengan tidak mengenal adanya segmentasi, sehingga perusahaan hanya membuat satu jenis produk dan rencana yang terdapat di pasar.
Targeting merupakan tujuan akhir dari sebuah proses segmentasi.

sumber:

http://bisnisukm.com/apa-itu-segmentasi-pasar.html

http://www.taqdire.web.id/2009/11/segmentasi-pasar.html

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/segmentasi-pasar-definisi-manfaat-dan.html

http://blog.uad.ac.id/sulisworo/2009/05/06/segmentasi-pasar-konsumen/

http://riah.staff.uns.ac.id/2008/10/24/stp-perpustakaan/

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai segmentasi, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2849/1/A-18.%20Suryarini%20Widodo,%20Sarifuddin%20Madenda%20,%20dan%20Prihandoko.pdf
    trimakasih

    BalasHapus