Rabu, 29 Februari 2012

Harga

Definisi Harga

Menurut Kotler, definisi harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas, harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa.

Harga merupakan unsur satu–satunya dari unsur marketing mix yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan di banding unsur yang lainnya (produk, promosi dan distribusi).

Tujuan Penetapan Harga

Pada dasarnya ada empat jenis tujuan penetapan harga, yaitu :

1. Berorientasi pada Laba, bahwa setiap perusahaan selalu memilih harga yang dapat menghasilkan laba yang paling tinggi atau sering disebut ”maksimisasi laba”.

2. Berorientasi pada Volume, bahwa penetapan harga sedemikian rupa agar dapat mencapai tingkat volume penjualan tertentu, nilai penjualan atau pangsa pasar tertentu.

3. Berorientasi pada citra (image), bahwa penetapan harga tertentu dapat membentuk citra perusahaan, misalnya menetapkan harga tinggi dapat membentuk citra perusahaan yang prestisius, sementara menetapkan harga rendah memungkinkan menjaga nilai perusahaan tertentu (menjaga harga yang terendah di suatu daerah).

4. Berorientasi pada Stabilitas Harga, hal ini dilakukan untuk mempertahankan hubungan yang stabil antara suatu perusahaan dan harga pemimpin industri (industry leader).

Dalam menentukan harga jual, ada beberapa parameter yang harus dicermati agar kualitas produk bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan sedangkan dari harga penjualan usaha tersebut tidak mengalami kerugian bahkan mendapatkan keuntungan, strateginya adalah:

- untuk mendapatkan harga modal (bahan baku) yang rendah/murah didapat dengan cara membeli langsung dari produsen atau membuat produk sendiri. Dengan demikian kita bisa mendapatkan kisaran harga yang tidak terlalu tinggi dibanding para pesaing.

- strategi berikutnya adalah sebaiknya jangan terlalu tinggi/besar dalam menentukan tingkat keuntungan bagi perusahaan. Hal ini dapat disiasati dengan cara menjual dengan kuantitas yang banyak.

- hendaknya harga yang ditawarkan kepada konsumen cukup kompetitif dengan harga produk pesaing.- lakukan efisiensi dan efektivitas biaya operasional sehari-hari untuk menekan biaya produksi.

- lakukan efisiensi dan efektifitas biaya operasional sehari-hari untuk menekan biaya produksi


sumber:
http://rajapresentasi.com/2009/04/strategi-pemasaran-dan-bauran-pemasaran/

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/strategi-penetapan-harga-produk-baru.html

http://binaukm.com/2011/07/kiat-menentukan-harga-jual-sebagai-strategi-pengembangan-pemasaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar