Rabu, 29 Februari 2012

Contoh Segmen Pasar menurut Penerapannya

Segmentasi pasar menurut Hermawan Kertajaya yaitu sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar. Disini saya akan memberikan contoh segmen pasar menurut penerapannya.

Pandawa Copy & Printing.

Pandawa didirikan pada tahun 1990. Bermula dari usaha photo copy yang kemudian berkembang dan mengepakan sayapnya pada usaha Offset Printing dan Digital Printing. Bersaing dengan beberapa tempat usaha percetakan yang berada di kawasan Margonda Depok, membuat PANDAWA semakin berusaha memberikan yang terbaik untuk seluruh customer.

Pandawa Copy & Printing mensegmentasikan pasar menurut beberapa jenis variable nya, yang terdiri dari:

1. Segmentasi Geografi (Kawasan)

Pandawa Copy & Printing memilih kawasan berusaha di Jalan Margonda yang notabene berada di wilayah yang strategis, berdekatan dengan Universitas Indonesia, Gunadarma, dan Politeknik Negeri Jakarta.

2. Segmentasi Demografi (Jabatan)

Semua jabatan dari yang terendah hingga yang tertinggi seperti Direktur Utama sebuah perusahaan pun dapat merasakan produk yang dihasilkan oleh Pandawa Copy & Printing ini.

3. Segmentasi Psikografi (Karakteristik Kelas Sosial)

Pandawa Copy & Printing bisa menghasilkan produk dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong mahasiswa yang terbebani dengan tugas kuliah setiap harinya. Intinya dapat dijangkau semua kalangan, baik dari kalangan kelas atas, menengah, hingga bawah.

4. Segmentasi Tingkah Laku (Pengetahuan)

Dari yang pengetahuannya biasa-biasa saja hingga yang jenius sekalipun bisa merasakan produk yang dihasilkan Pandawa karena Pandawa Copy & Printing akan selalu memberikan yang terbaik bagi semua customer.

Targeting dari Pandawa & Copy Printing terdiri dari:

· Customer yang khususnya yang berada di wilayah Depok, Margonda, dan sekitarnya.

· Para mahasiswa terutama dari Universitas Indonesia, Gunadarma, dan Politeknik Negeri Jakarta.

· Semua kalangan baik kalangan kelas atas, menengah, hingga bawah.

· Semua pelajar dari segala umur.


Contoh hasil Produksi Pandawa Copy Printing:




sumber:
http://pandawa-mqzz.com/index.php
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/segmentasi-pasar-definisi-manfaat-dan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar