Selasa, 10 April 2012

Place & Promotion

Place
Place merupakan salah satu unsur yang terdapat dalam marketing mix. Place merupakan unsur yang memegang peranan yang cukup penting dalam pemasaran. Menurut Phillip Kotler, Place merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia unt




uk konsumen sasaran.
Secara umum, Place atau kalau diterjemahkan bisa berarti penempatan produk, distribusi atau penyebaran produk sangat menentukan keberhasilan pemasaran. Misalnya ada suatu produk yang memiliki harga yang kompetitif, berkualitas tinggi, dan dipromosikan dengan baik, namun karena konsumen sulit mencari produk tersebut, maka kegiatan pemasaran tidak akan berhasil dengan baik. Oleh karena itu, Place merupakan unsur yang penting dalam sebuah kegiatan pemasaran.

Berikut manfaat apabila unsur Place digunakan dan dikelola dengan baik, antara lain:

1. Konsumen mudah memperoleh produk Anda. Dengan banyaknya produk yang ada dipasar, apalagi dengan banyaknya produk-produk substitusi, maka distribusi yang direncanakan dengan baik dapat membantu produk tersebut tersebar dengan cepat. Dengan demikian, maka konsumen akan mudah memperoleh produk tersebut di pasar.

2. Availaibility atau ketersediaan produk. Ketersediaan pr oduk juga mengandung makna ketersebaran produk. Jika produk tersedia di suatu outlet, itu berarti produk tersebut terdistribusi lebih baik. Produk ada ‘di mana-mana’ sehingga mudah dicari konsumen. Teh botol sosro tersedia tidak saja di outlet modern, tetapi juga ada di warung-warung pinggir jalan.

3. Impulse buying. Konsumen mungkin pada mulanya tidak berencana membeli suatu produk, namun karena konsumen melihat produk tersbeut di toko, timbul niat untuk membelinya. Misalnya, Anda makan di suatu rumah makan. Karena melihat teh botol merek tertentu maka Anda menjadi ingin mengkonsumsi produk tersebut.





Promotion

Menurut Terence. A Shimp, kegiatan promosi terdiri dari semua kegiatan pemasaran yang mencoba terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat atau terjadinya pembelian dalam waktu yang singkat.

Strategi promosi sering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh. Selain itu kegiatan promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon konsumen. Sehingga kita dapat memperoleh informasi akurat dari para konsumen, mengenai respon produk yang kita tawarkan.

Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi :
 Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
 Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
 Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
 Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen
 Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya

Promosi dapat dilakukan dengan berbagai teknik / cara  untuk menarik minat pembeli, di antaranya adalah:
1.   Diskon.
     Metode promosi dengan diskon ini banyak dilakukan oleh pemilik-pemilik toko untuk menarik minat pembeli. Caranya, dengan memberikan potongan harga pada suatu produk tertentu, atau bahkan seluruh produk yang ada di tokonya.

2.   Kredit.
     Barang yang dijual dengan harga tinggi tentu saja akan memberatkan konsumen. Mereka menjadi urung untuk membeli. Tapi, jika barang yang diujal dapat dibeli secara berangsur pembayarannya, itu akan sangat memudahkan pembeli dan menarik minat mereka.

3.   Pemberian sample
    Type promosi ini juga paling banyak menarik minat konsumen. Konsumen diberikan contoh/sample produk agar mereka lebih mengenal dan mengetahui detil produk tersebut. Biasanya, promosi cara ini dilakukan untuk mengenalkan produk makanan/minuman atau kosmetika tertentu.

4.   Pameran.
      Kegiatan promosi melalui pameran dan bazaar dilakukan untuk mengenalkan produk kepada khalayak ramai. Biasanya, disertai juga dengan penjualan murah atau diskon.

5.   Undian dan kupon.
    Caranya, dengan memberikan lembar semacam tiket atau kertas yang cukup diisi dengan nama dan nomor identitas kepada konsumen, lalu dalam satu periode tertentu kupon yang telah terkumpul dipilih secara acak untuk menentukan pemenang yang berhak mendapatkan hadiah.

6.   Iklan. Melalui media, baik itu media cetak maupun elektronik, atau bahkan melalui reklame di jalan-jalan yang dilalui banyak orang, diharapkan dapat menarik minat pelanggan.

7. Sponsor. Cara ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menunjukkan kebonafit-an perusahaan/produknya, dengan cara memberikan sumbangan untuk kegiatan-kegiatan yang disukai banyak orang.

sumber:
http://wiryasaputra.blogspot.com/2009/07/place-dalam-marketing-mix.html http://rajapresentasi.com/2009/04/strategi-pemasaran-dan-bauran-pemasaran/
http://pondokibu.com/2453/memikat-konsumen-dengan-promosi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar