Rabu, 08 Desember 2010

A Story Concept Album (Dream Theater - Metropolis Pt.2 : Scenes from a Memory)


Album konsep merupakan sebuah bentuk album yang menggunakan atau mengangkat sebuah tema khusus, dalam instumental, komposisi, naratif atau lirik. Biasanya, album konsep memiliki keseluruhan lagu yang ide liriknya membentuk satu tema atau sebuah jalan cerita. Inilah yang menjadi perbedaan album konsep dengan album umum yang berisikan lagu-lagu yang tidak
berkaitan satu sama lainnya. Album konsep pertama kali dirilis di akhir tahun 1930-an oleh penyanyi Lee Wiley di bawah label Liberty Records. Dan Kali ini saya akan membahas album konsep yang dirilis oleh Dream Theater.
Sebelumnya Dream Theater adalah salah satu grup Progressive Metal paling terkemuka di dunia saat ini yang berasal dari Boston, Massachusetts. Didirikan oleh Mike Portnoy, John Petrucci dan John Myung, mereka telah merilis delapan album studio, empat rekaman live dan satu album pendek (EP). Dan salah satu album mereka yg paling fenomenal adalah Metropolis Pt.2 : Scenes from a Memory)

DT merilis album ini dengan pendekatan sebuah konsepserius, mengenai si tokoh modern bernama nicholas. terbagi dalam beberapa scene awal, menceritakan ttg problem kepribadian yang terpecah serta mengalami perlakuan penyembuhan lewat ‘therapy hipnotis’ (pada lagu regression).

yang kedua adalah karakter seorang wanita bernama Victoria Page, korban pembunuhan pada taon 1928 silam. Lalu ia ber – inkarnasi ke sosok manusia modern bernama ‘Nick’.

Dengan title 'metropolis part 2', memang merupakan konsep kelanjutan dari 'metropolis part 1: the miracle and the sleeper',sebagai tembang 9 menit dari album 'images and words' (1922). 'the miracle and the sleeper' adalah inspirasi dari kisah legenda si kembar 'remus' dan 'romulus' yg membangun dan mengontrol kota abadi, pusat kekuasaan dunia yakni 'kota roma'. sebagaisimbol pertentangan antara kebudayaan yunani dan romawi, serta terbunuhnya 'remus' (the sleeper-yunani) oleh si kakak.

simbolis ini berlangsung dari abad romawi kuno, berlanjut ke era modern taon 1928, hingga ke sosok di taon 1999 (‘nick’). yakni ‘remus’ dan ‘romulus’ ber-inkarnasi menjadi 2 pemuda yg juga kembar, bernama ’julian baynes’ dan ’ed baynes’. julian adalah seorang wartawan berjulukan 'sleepers', dia dikenal sbg 'pekerja' di saat orang tidur (wartawan kriminal dan kelayapan malam hari). sementara abangnya ’ed’, jadi politikus yakni senator berjulukan 'miracle' karena ambisius.

maka dalam 'metropolis part 2', legenda modern menjelma sebagai 'the miracle and the sleeper' sekaligus terbunuhnya julian (sleeper / remus) oleh si kakak (ed / miracle / romulus). dan semua sejarah itu terulang lagi di era modern dalam diri nicholas (1999), sekaligus sbg 'kembarannya' yakni victoria.

Namun jika anda masih penasaran, dengarkan lagu dari album Metropolis Pt.2 : Scenes from a Memory. Dijamin anda serasa menonton film dengan mendengar lagunya dan mencerna setiap lirik demi lirik yg ada di lagu tersebut.

anda dapat melihat liriknya di http://www.darklyrics.com/lyrics/dreamtheater/scenesfromamemory.html

download albumnya :http://www40.indowebster.com/aeefd335adda48be478bd0699332b441.rar

7 komentar:

  1. coba liat juga ran lirik2nya, 1 album nyambung semua ceritanya haha

    BalasHapus
  2. album mana? lagunya apa aja? udah gw donlot lagu lagu dt yang lu blg enak

    BalasHapus
  3. album yg ini enak ran. coba aja lu denger semua hehe

    BalasHapus
  4. oooh. coba lu tulis judul judulnya dulu deh fa, biar gampang haha

    BalasHapus
  5. the spirit carries on, finally free, one last time, overture 1928..

    BalasHapus